Jumat, 23 Mei 2014

PMR TELADAN

    
Pada tiap sekolah telah memiliki jenis-jenis kegiatan ekstrakurikuler yang terangkum dalam lembaga kesiswaan yaitu OSIS. Didalam OSIS sendiri ada beberapa bidang kegiatan yang dapat dikembangkan oleh siswa. Salah satu kegiatan tersebut adalah Palang Marah Remaja (PMR). Palang Merah Remaja (PMR) merupakan jenis kegiatan yang keberadaannya sah sesuai dengan dikeluarkannya SK dari PMI dan Instansi Kepemudaan yaitu Kemenag (Kementrian Agama) dan Kemendikas (Kementrian Pendidikan Nasiona).
Tujuan Pembinaan dan penghargaan dari PMI di masa depan adalah :

  • Penguatan kualitas remaja dan pembentukan karakter
  • Anggota PMR sebagai contoh berprilaku hidup sehat bagi teman sebaya
  • Anggota PMR dapat memotivasi teman sebaya dalam apapun.
    Pengakuan dan penghargaan untuk anggota PMR merupakan salah satu siklus pembinaan generasi muda (PMR sebagai relawan muda) yang harus dilaksanakan untuk mempertahankan keanggotaan, komitmen, kualitas dan keterlibatan antar anggota PMR.
    Banyak keuntungan dibentuknya PMR teladan di sekolah-sekolah, diantaranya memudahkan PMI dalam mengklasifikasikan kualitas PMR sekolah berdasarkan analisis data yang diperoleh dari hasil monitoring (pantauan) dari tim PMI.
     Kegiatan ini dilakukan tiap 2 (dua) tahun sekali bahkan sudah menjadi program kerja dari PMI dibidang pengetahuan dan pembinaan generasi muda (Relawan). Keuntungan lain dari kegiatan PMR Teladan adalah mempermudah pihak sekolah dalam mengolah administrasi kegiatan sekolah sehingga dapat membantu Akreditasi Sekolah.
    Pemilihan PMR Teladan kiranya dapat menjadikan alternative PMI dalam penyelenggaraan dan penyiapan generasi muda dalam jangka panjang. Sehingga PMI dapat memberikan acuan dan member semangat anggota PMR dalam memajukan sekolahnya. Terlebih bila pembinaan dari PMI dapat berjalan baik serta tidak menutup kemungkinan organisasi ini dapat dicintai siswa dan dapat memberikan kontribusi prestasi di sekolahnya.  
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar